Cara Convert Artikel Dari Classic Editor Ke Gutenberg di WordPress

Di Wordpress 255 views

cara atasi error pada gutenberg

Halo semua gimana kabarnya? Kali ini saya bingung mau nulis apa, saya mau nyoba editor gutenberg di WP 5.0

Saya penasaran karena banyak yang komplain terkait gutenberg yang dinilai membingungkan. Banyak yang downgrade WP karena terlanjur kecewa.

Saya juga baru nyoba pakai gutenberg ini pertama kali untuk menulis artikel ini. Menu menunya sangat berbeda jauh dibandingkan classic editor.

Bahkan banyak sekali masalah yang dirasakan oleh teman-teman blogger lain saat menggunakan editor gutenberg ini.

Baiklah, saya pertama nyoba gutenberg, yang saya rasakan adalah :

1. Tidak seseram yang di bayangkan
2. Sedikit repot, biasa copas artikel dari word ke editor, blok h2,h3, dst, sekarang harus pilih heading dulu
3. Plugin yoast masih jalan
4. TOC masih jalan
5. Tampilan di web masih sama seperti yang artikel lama
6. Butuh pembiasaan

Di poin nomor 6 memang benar sekali, bikin artikel panjang pakai gutenberg itu bener-bener nguji kesabaran ya. classic editor

Itulah pengalaman singkat pakai gutenberg.

Lalu dari teman-teman sendiri banyak cerita pakai gutenberg seperti misal saat coba reinstall wp dengan php 7.3 & ubuntu 19.

Awalnya work tanpa ada masalah dengan gutenberg, tapi ketika restore file wp jadi error saat update konten dengan button link block.

Meski udah deactivate semua plugin dan ganti theme ke default. Error tetap terjadi setelah restore blog.

Padahal sebelum restore semua baik baik saja. Pakai classic emang bisa dan berjalan normal tapi itu bukan solusi.

Jadi sementara mungkin lebih baiknya untuk sementara tidak menggunakan button link block terlebih dahulu sampai bug (mungkin) ini selesai.

Lagi, Ada juga teman saya yang ngga bisa update post atau save draft kalau postnya ada link. Aneh memang.

Selain itu ada juga teman yang pakai Gutenberg + Cloudflare dan mengalami error Rest API. Sungguh wordpress lebih kejam daripada google.

Ada lagi nih, ada yang sudah update ke WordPress 5. Setelah coba cek convert post from classic to gutenberg, ternyata ada beberapa kode yg berubah, sehingga layout postingan pun ikut berubah.

Katanya total ada 500 postingan lebih yang dibuat pakai classic editor. Jadi supaya layoutnya sama, perlu convert semuanya ke gutenberg. Masalahnya, ternyata tidak ada fitur plugin bulk convert article from classic to gutenberg.

Layout secara general. memang tidak berubah. Tapi perbandingan antara postingan lama (yang dibuat pakai classic editor) dengan postingan baru (yang dibuat pakai gutenberg) pasti ada bedanya.

Belum lagi kalau postingan lama diconvert ke gutenberg, ada beberapa kode yang error karena harus diconvert manual ke block yang sesuai.

Nah ini dia masalah yang jauh-jauh hari sudah saya khawatirkan bila Gutenberg resmi dirilis, yakni akan muncul dua format “raw” di “wp_posts”.

Solusinya sih sebetulnya relatif simpel, yakni pakai Regex, entah itu via plugin “search replace” yang support Regex atau lewat WP-CLI.

Cuma yang agak mengkhawatirkan bila format postingan baru via Gutenberg itu belum final atau masih berubah2 lagi ke depannya, jadinya tiap berapa bulan sekali kudu “nge-regex”.

Format baru di gutenberg itu kalau tidak salah ada

Kalau dari Word ke Gutenberg sih no problem. Yang agak problem itu kalau sudah terlanjur diposting pakai classic editor, antara mau pakai format lama atau convert to block.

Kalau dibiarkan default tanpa convert memang masih menyesuaikan.Tapi ketika diconvert ke block atau dibandingkan dengan postingan baru yg dibuat pakai Gutenberg, formatnya ada yg berubah. Terutama embed dan shortcode.

Mungkin ada teman-teman yang kesusahan untuk convert postingan lama dari classic editor ke versi block Gutenberg secara massal.

Ini ada plugin lawas (sekali pakai langsung buang) yang bisa sangat membantu: https://wordpress.org/plugins/search-regex/

Seperti yang pernah saya tulis, tentang convert format postingan dengan Regex (regular expression), plugin ini sebetulnya tidak wajib.

Tidak wajib karena WP sendiri sudah mendukung fitur bawaan search-replace Regex via WP-CLI (https://developer.wordpress.org/cli/commands/search-replace/).

Untuk format Regex-nya silakan googling sendiri ya, karena pada setiap blog kadang berbeda, misal format konten di blog2 saya yang sudah beberapa kali melakukan perubahan sejak beberapa tahun lalu, mulai dari format dengan

Itulah sedikit cara yang bisa digunakan untuk mengubah artikel yang sebelumnya pakai editor klasik menjadi versi gutenberg.

Selamat mencoba..!!

author
Penulis: 
    No related post!

    Tinggalkan pesan "Cara Convert Artikel Dari Classic Editor Ke Gutenberg di WordPress"


    Top